@techreport{UNY31281,
         journal = {Laporan PPL},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Di TK ABA LEMAHBANG},
          author = {Alfira Luluk Adini Alfira Luluk Adini},
            type = {Project Report},
            year = {2015},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
        abstract = {Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah
yang wajib diambil oleh mahasiswa yang menempuh jurusan kependidikan
pada semester tujuh. Mata kuliah ini merupakan praktik nyata dari ilmu
teori yang mahasiswa dapatkan pada semester-semester sebelumnya.
Karena, pada mata kuliah ini mahasiswa tidak dituntut untuk memahami dan
menghafalkan beberapa teori, namun mahasiswa dituntut untuk praktik
lang s u ng me ng ajar pad a s e bu ah lembag a s e k olah s e s u ai d e ng an
j u r u s a n n y a m a s i n g - m a s i n g .
Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY saat ini dilaksanakan
selama satu bulan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015.
Waktu 1 bulan tersebut sudah menjadi modal mahasiswa ketika kelak
mereka terjun menjadi seorang guru. Adapun tempat terlaksananya PPL
UNY tersebut di Kabupaten Bantul khususnya di Lemahbang, Mangunan,
Dlingo, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. PPL satu dimulai dengan
pembelajaran mikro agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang
sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai
ujian dari PPL satu. Dengan real pupil teaching, mahasiswa akan
menghadapi anak - anak secara langsung dan nyata untuk pertama kali.
S e t e l a h i t u m a h a s i s w a a k a n m e l a k s a n a k a n o b s e r v a s i d i T K A B A
Lemahabang melihat kondisi dan situasi yang terjadi di TK teersebut
s e b a g a i b e k a l k e t i k a m e r e k a m e l a k s a n a k a n p e n g a j a r a n k e l a k .
Ketika pelakasanaan PPL di TK ABA Lemahbang, mahasiswa dalam
satu kelompok yang berjumlah sepuluh orang membagi jadwal kegiatan
pengajaran dan non pengajaran pada masing-masing mahasiswa, sehingga,
semua mahasiswa mendapat kesempatan yang sama dalam melaksanakan
kegiatan baik pengajaran maupun non pengajaran. Khususnya dalam
kegiatan pengajaran, seluruh mahasiswa harus melaksanakan kegiatan
pembelajaran pada dua kelas A maupun kelas B. Pada dua kelas tersebut,
mahasiswa melaksanakan dua kali praktik mengajar terbimbing dan dua kali
ujian, sehingga berjumlah empat kali mengajar. Selain kegiatan pengajaran,
beberapa kegiatan non pengajaran meliputi pendampingan ekstra lukis,
pendampingan administrasi kelas dan pembuatan RKH serta media untuk
pembelajaran. Adapun pelaksanaan PPL UNY di TK ABA Lemahbang dapat
berjalan dengan baik dan lancar karena kerjasama pihak mahasiswa dan
warga sekolah yang terjalin secara kekeluargaan. Sehingga kegiatan PPL
UNY dapat menjadi pengalaman yang akan membantu kelak dimasa depan
u n t u k s e m u a p i h a k y a n g t e r l i b a t .},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/31281/}
}