eprintid: 31269 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/12/69 datestamp: 2016-04-19 00:58:49 lastmod: 2019-10-01 11:48:40 status_changed: 2016-04-19 00:58:49 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Harum Annisatul Imamah, Harum Annisatul Imamah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TK PKK 49 MANGUNAN Mangunan, Mangunan, Dlingo, Bantul ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: pembelajaran, pendidik, profesional abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan Taman Kanak Kanak. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Dimana dia harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk TK PKK 49 Mangunan adalah kurikulum 2010 dan menggunakan basis budaya. Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan percobaan. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pada pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan menggunakan pembelajaran klasikal. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah penugasan, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa penyesuaian. Dalam pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan ini kesimpulan yang diperoleh adalah anak di TK PKK 49 Mangunan memiliki kemampuan untuk mencapai indicator perkembangan yang baik. Dari serangkaian kegiatan PPL tersebut mahasiswa praktikan dapat mengetahui secara langsung bagaimana pendidik yang profesional. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Harum Annisatul Imamah, Harum Annisatul Imamah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TK PKK 49 MANGUNAN Mangunan, Mangunan, Dlingo, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31269/1/3.%20PPL_Harum%20Anisatul%20I%20%2812111244010%29.pdf