%0 Thesis %9 S2 %A Narni, Iriyana Rahwi %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:31262 %I UNY %K KKG, pelatihan-pelatihan, kualifikasi akademik, kinerja %T Kontribusi Intensitas Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Pelatihan-Pelatihan, dan Kualifikasi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar %U http://eprints.uny.ac.id/31262/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi intensitas kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru, (2) kontribusi pelatihan-pelatihan terhadap kinerja guru, (3) kontribusi kualifikasi akademik terhadap kinerja guru, dan (4) kontribusi intensitas kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan-pelatihan, dan kualifikasi akademik terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode ex post facto. Penelitian dilakukan pada guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) sekolah dasar di Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, dengan populasi 130 orang dan mengambil sampel sebanyak 95 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling berdasarkan kualifikasi akademik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dan regresi menggunakan komputer program MS. Excel dan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru sebesar 0,324 dan kontribusi sebesar 10,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelatihan-pelatihan dengan kinerja guru sebesar 0,322 dan kontribusi sebesar 10,4%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik terhadap kinerja guru sebesar 0,303 dan kontribusi sebesar 9,2%; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan-pelatihan, dan kualifikasi akademik secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,482 dan kontribusi bersama-sama sebesar 23,2%.