@techreport{UNY31246, type = {Project Report}, year = {2015}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, title = {LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA N 2 BANGUNTAPAN}, author = {Syarifatun Niam Alfiani Syarifatun Niam Alfiani}, keywords = {hasil PPL, program, SMA Negeri 2 Banguntapan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31246/}, abstract = {PraktikPengalamanLapangan (PPL) merupakanmatakuliah yang wajibdiambilolehmahasiswa Program StudiPendidikanuntuksemua jurusan.SaatinikegiatanPPL dilaksanakansecaraterbimbing yang diselenggarakan di instansi pendidikan khususnya sekolah.Hal inidimaksudkanuntukmeningkatkanproduktifitastenagapendidik, khususnyacalon guru baikdalamsegikualitasmaupunkuantitas. Kegiataninidilaksanakansejak tanggal 28Februari sampai dengan 12 September 2015, yang berlokasi di SMA Negeri 2 Banguntapan.Pada Bulan Februari tersebut merupakan masa observasi lingkungan sekolah dan kegiatan pembelajaran di kelas. Secarakeseluruhanfasilitas yang dimiliki SMA Negeri 2 Banguntapan inisudahcukuplengkap, meskipunadabeberapaprasarana yang belum dimiliki SMA Negeri 2 Banguntapan seperti ruang kelas XII IPA yang masih dalam masa pembangunan. Ruang Laboratorium Fisika yang dimiliki SMA N 2 Banguntapan juga memiliki peralatan praktikum yang lengkap dan sangat memadai untuk proses pembelajaran Fisika. Selamapraktekmengajarpraktikan diberikan tanggungjawabuntukmengampu kelas X dengan jumlah 2 kelas, yaitu kelas X3 dan X8. Di luar praktek mengajar, kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini juga melatih kemampuan non mengajar seperti pemberian materi keputrian dan pendampingan ekstrakurikuler. Adapunkeberhasilandari pelaksanaan program-program kami tidak terlepasdaribantuanberbagaipihak.Selainituadanya program observasi kelas, persiapan mengajar seperti mengikuti mata kuliah microteaching danperencanaan yang matangdaripraktikan sangat mendukung berhasilnya program praktek mengajar ini.Keterlibatan guru pembimbing, DosenPembimbingLapangan (DPL-PPL), danpesertadidikyaitu siswa-siswi SMANegeri 2 Banguntapan juga sangatberpengaruhterhadapkesuksesanPraktikPengalaman Lapangan (PPL). Dari kegiatan PPL inidiharapkanbenar-benarbermanfaatbagiterciptanyacalon guru yang terampil, berpengalaman, dan professional sehinggamampumenciptakanpesertadidik yang berkualitasbagikemajuanpendidikanbangsaini.Secaraumumpelaksanaan PPL di SMA Negeri 2 Banguntapan berjalandenganbaikdan lancar serta memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran langsung pada mahasiswa PPL dalam proses belajarmengajar yang sesungguhnya.} }