TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/31237/ Y1 - 2015/// ID - UNY31237 KW - Praktik Pengalaman Lapangan KW - Perangkat Pembelajaran KW - Proses Pembelajaran. PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - NURUL IMANI, NURUL IMANI M1 - project_report AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan ,mempraktekan, dan mengamalkan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai bidang ilmu yang di pelajari. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus s.d. 12 September 2015 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu mulai dari observasi, membuat perangkat pembelajaran sampai dengan evaluasi. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut serta di bombing juga oleh dosen Pembina lapangan Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas X5, X6, X7, X8. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum KTSP, sehingga penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) juga menggunakan kurikulum KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, dan tanyajawab. Media yang digunakan adalah papan mitos atau fakta, wayang sosiologi dan mind maping. Sedangkan peralatan yang digunakan adalah White Board, spidol, lembar kerja. Penulis juga mengadakan tugas individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 4 - 6 kali tatap muka dalam praktiknya, penyusun telah mengajar sebanyak 4 kali pertemuan di setiap kelas dengan jumlah kelas yang diampu 4 kelas dan alokasi masing ? masing 2 jam pelajaran setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidik siswa di luar kelas. ER -