@techreport{UNY31231, year = {2015}, journal = {Laporan PPL}, type = {Project Report}, author = {MARLINDA SARI MARLINDA SARI}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31231/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus s.d. 12 September 2015 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X5, X6, X7 dan X8. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2006 (KTSP). Begitu pula dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP), penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, diskusi. Sedangkan media yang digunakan adalah White Board, LCD, spidol, lembar kerja dan mengadakan tugas individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 4 kali dalam praktiknya, penyusun telah mengajar sebanyak 18 kali pertemuan dengan alokasi masing-masing 2 jam pelajaran setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.} }