%0 Thesis %9 S1 %A Rahayu, Rahmatika %A M. Djazari, M.Pd., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:31214 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Efektivitas Pengecoh, Soal Pra Ujian Nasional, Ekonomi Akuntansi %T ANALISIS KUALITAS SOAL PRA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XII IIS SMA NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/31214/ %X Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Magelang yang menunjukkan bahwa belum pernah dilakukan analisis kualitas soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi ditinjau dari aspek Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Efektivitas Pengecoh soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IIS SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016 dan objek dalam penelitian ini adalah soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XII IIS SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan program komputer Anates Versi 4 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari Validitas, butir soal valid berjumlah 29 butir (72,5%) dan butir soal tidak valid berjumlah 11 butir (27,5%). (2) Ditinjau dari Reliabilitas, soal tidak reliabel atau memiliki Reliabilitas rendah dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0,62. (3) Ditinjau dari Tingkat Kesukaran, diketahui butir soal tergolong sukar berjumlah 6 butir (15%), butir soal tergolong sedang berjumlah 24 butir (60%) dan butir soal tergolong mudah berjumlah 10 butir (25%). (4) Ditinjau dari Daya Pembeda, butir soal tergolong jelek berjumlah 13 butir (32,5%); butir soal tergolong sedang berjumlah 17 butir (42,5%); butir soal tergolong baik berjumlah 8 butir (20%); butir soal dengan Daya Pembeda negatif berjumlah 2 butir (5%). (5) Ditinjau dari Efektivitas Pengecoh, diketahui 5 butir soal (12,5%) memiliki Efektivitas Pengecoh sangat baik; 5 butir soal (12,5%) memiliki Efektivitas Pengecoh baik; 16 butir soal (40%) memiliki Efektivitas Pengecoh kurang baik; 8 butir soal (20%) memiliki Efektivitas Pengecoh tidak baik dan 6 butir (15%) memiliki Efektivitas Pengecoh sangat tidak baik.