TY - THES TI - Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas 5 di SDN Sungai Pinang Kabupaten Banjar PB - UNY A1 - Darmawan, Bambang AV - public Y1 - 2012/09/29/ KW - motivasi belajar IPA KW - tipe jigsaw ID - UNY31182 UR - http://eprints.uny.ac.id/31182/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas 5 di SDN Sungai Pinang Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti dan dibantu oleh dua orang pengamat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Sungai Pinang Kabupaten Banjar tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Langkah-langkah dalam analisis data yaitu reduksi data, triangulasi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Koopertif tipe Jigsaw kelas 5 di SDN Sungai Pinang Kabupaten Banjar telah terlaksana dan dilakukan dengan tahapan yaitu diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, presentasi kelompok asal dan adanya penghargaan kelompok asal. Dari hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar IPA siswa diakhir siklus II telah mencapai kategori sangat tinggi yaitu 81% dan dari hasil observasi diperoleh 95%. Peningkatan motivasi belajar tersebut juga dapat dilihat dari peningkatan setiap aspek motivasi belajar siswa. Dari data tersebut, diketahui bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Kooperatif tipe Jigsaw pada kelas 5 di SDN Sungai Pinang Kabupaten Banjar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. M1 - tesis ER -