eprintid: 31172 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/11/72 datestamp: 2016-04-18 07:17:34 lastmod: 2019-10-01 11:48:39 status_changed: 2016-04-18 07:17:34 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Hari Cahyono, Hari Cahyono title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INDIVIDU SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SD Panggang, UNY abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL ) merupakan rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PPL dilaksanakan di SD Negeri Panggang, Sedayu, Bantul yang dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Program kerja PPL diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Setelah diadakan observasi maka dilakukan PPL terbimbing sebanyak empat kali dan ujian sebanyak dua kali. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dilami oleh mahasiswa. Hambatan tersebut diantaranya pengkondisian kelas yang cukup sulit dikarenakan kedekatan siswa dengan mahasiswa PPL. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Panggang, Sedayu, Bantul, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan ketrampilan yang telah diperoleh dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru. date: 2015 date_type: published publication: laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Hari Cahyono, Hari Cahyono (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INDIVIDU SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31172/1/HARI%20CAHYONO.pdf