%I UNY %D 2012 %T Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Murid Kelas V SDN Murung Sari 1 Amuntai - Kalimatan Selatan %L UNY31168 %A Akhmad Kusasi %K pengembangan, multimedia pembelajaran, IPA SD %X Penelitian ini bertujuan mengembangkan software multimedia pembelajaran IPA kelas V SD dengan program Adobe Flash Professional CS5 untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia pembelajaran sebagai media yang layak dalam pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan model Borg & Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah empat orang guru SD, dan 74 orang murid kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Murung Sari 1 Amuntai Kalimantan Selatan. Pengembangan dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: (a) studi pendahuluan, (b) pengembangan, (c) validasi, (d) revisi, (e) uji coba, dan (f) produk final. Studi pendahuluan meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Pengembangan meliputi analisis tujuan, analisis kemampuan, prosedur pengembangan. Validasi dari ahli materi dan ahli media. Uji lapangan meliputi uji terbatas dan uji lapangan. Produk final berupa CD pembelajaran interaktif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar penilaian guru, hasil belajar murid, dan catatan pengamatan peneliti. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan: (a) valid menurut penilaian ahli, (b) praktis menurut penilaian guru, dan (c) efektif ditinjau dari hasil tes belajar murid.