eprintid: 31112 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/03/11/12 datestamp: 2016-04-17 23:31:13 lastmod: 2019-01-29 08:10:39 status_changed: 2016-04-17 23:31:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Supriyono, Kandung title: Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris SMP Berbasis Web ispublished: pub subjects: D9 subjects: E4 divisions: pps_tp full_text_status: public keywords: bahasa Inggris, media pembelajaran berbasis web abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Media Pembelajaran membaca Bahasa Inggris SMP berbasis web yang memenuhi unsur kelayakan dan (2) mengungkapkan keefektifan media tersebut. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan evaluasi, (3) pengembangan serentak, (4) implementasi penuh, dan (5) evaluasi sumatif. Validasi produk dilakukan ahli materi yang terdiri dari guru bahasa Inggris SMP dan dosen bahasa Inggris, dan ahli media yang terdiri dari dosen yang berpengalaman. Media ini diimplementasi pada peserta didik kelas VIII SMP1 Ponjong Gunungkidul. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Data tersebut diintepretasikan oleh peneliti. Data yang berupa saran atau masukan dijadikan dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran membaca Bahasa Inggris SMP berbasis web memiliki tingkat kelayakan yang baik. Rata-rata tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi rata-rata sebesar 3,94 atau kategori baik, ahli media sebesar 4,21 atau kategori baik. Sementara itu, hasil uji coba peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 4,13 atau kategori baik. Di sisi lain, produk media tersebut efektif untuk pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes sebesar 43, sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 86, mengalami peningkatan sebesar 46%. Tingkat ketuntasan 4% menjadi 90% atau mengalami kenaikan sebesar 86%. Dengan demikian maka diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran membaca Bahasa Inggris SMP berbasis web terbukti memiliki keefektifan yang tinggi. date: 2013-05-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Supriyono, Kandung (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris SMP Berbasis Web. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31112/1/tesis-kandung-supriyono-05707254005.swf