eprintid: 31094 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/03/10/94 datestamp: 2016-04-15 04:10:06 lastmod: 2016-04-15 04:10:06 status_changed: 2016-04-15 04:10:06 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Maryati, Maryati creators_name: Susilowati, Susilowati corp_creators: LPPM UNY title: PENGEMBANGAN LEARNING GUIDE WORKSHOP PPG IPA SMP BERBASIS PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: Pedagogical Content Knowledge, PCK, Workshop PPG note: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015 abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa “Buku Panduan PPG IPA SMP berbasis Pedagogical Content Knowledge” melalui Research and Development menggunakan 4 tahapan Define, Design, Develop dan Dessiminate. Produk ini diharapkan dapat meningkatkan keprofesioanlan guru IPA SMP/MTs. Penyusunan buku panduan ini dilandasi oleh kebutuhan produk dalam program PPG (Program Profesi Guru) yang sedang digalakkan pemerintah, dan Prodi Pendidikan IPA FMIPS UNY sudah mulai melaksanakan program PPG sejak tahun 2012, khususnya untuk PPG SM3T. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop, yang menghasilkan produk dan sudah dinilai oleh pakar. Penilaian kualitas produk menggunakan instrumen yang berupa rubrik penilaian, yang dikembangkan dari kerangka terori kompnen PCK (pedagogical Content Knowledge) yang dikembangkan oleh Magnusson (1999). Hasil penilaian para pakar dianalisis dengan Rasch model menggunakan software Winsteps. Upaya perbaikan produk didasarkan hasil analisis rasch, yang difokuskan pada hasil pengukuran misfit item menurut responden. Wawancara terhadap tim penilai menjadi unsur penambah dalam upaya perbaikan produk. Setelah menyelesaikan 3 tahapan dalam penelitian R & D untuk menghasilkan produk buku panduan workshop Penyusunan SSP dalam PPG IPA SMP, dapat disimpulkan bahwa (1) produk yang dihasilkan sesuai dengan kurikulum PPG IPA SMP; (2) produk yang dihasilkan berorientasi pada penguasaan 5 komponen PCK; (3) panduan workshop penyusunan SSP ini mempunyai tujuan dan tahapan yang jelas; (4) panduan workshop PG mempunyai aspek penyajian yang baik. date: 2016 date_type: published citation: Maryati, Maryati and Susilowati, Susilowati (2016) PENGEMBANGAN LEARNING GUIDE WORKSHOP PPG IPA SMP BERBASIS PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU. [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/31094/1/Artikel%20Hibah%20Bersaing%20-%20Maryati%20-%202015.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/31094/2/Laporan%20Hibah%20Bersaing%20-%20Maryati%20-%202015.pdf