eprintid: 31076 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/10/76 datestamp: 2016-04-15 03:24:03 lastmod: 2019-01-30 07:20:12 status_changed: 2016-04-15 03:24:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Achmad, Rafi’ud Darajat title: PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO ispublished: pub subjects: tekno_sipil divisions: ft_jurdik_sipil_pend_sipil full_text_status: public abstract: PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO Oleh: Achmad Rafi’ud Darajat 11505241001 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung, bahasan bangunan tahan gempa. Produk penelitian ini berupa pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan software macromedia flash dikombinasikan dengan aurora 3D. Penelitian Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D). Secara garis besar penilitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal pretest-posttest. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh siswa untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, sedangkan soal pretest-posttest digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis gain score. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran yang terdiri dari delapan komponen utama, yaitu: beranda, home, halaman standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi, halaman metode konstruksi, halaman galeri, halaman evaluasi, dan halaman penyusun. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran dapat dikategorikan “sangat layak”. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran dapat dikategorikan dalam kriteria “layak” sehingga media hasil pengembangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Hasil implementasi media menunjukan adanya dampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan kenaikan nilai pretest dan posttest rata-rata mencapai 42,70% dengan perolehan gain score sebesar 0,541 dalam kategori sedang. Kata kunci : Aurora 3D, bangunan tahan gempa, Ilmu Bangunan Gedung, macromedia flash, dan media pembelajaran interaktif. date: 2016 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Achmad, Rafi’ud Darajat (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/31076/1/ACHMAD%20RAFI%27UD%20DARAJAT-11505241001.pdf