%0 Thesis %9 S1 %A Faishal, Wildani %A Dr. Hadjar Pamadhi, MA (Hons), %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %F UNY:31047 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %T KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA LUKISAN OKTA %U http://eprints.uny.ac.id/31047/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial Grafika Nuansa Oktaviano usia 8 tahun pada karya seni lukisnya. Kecerdasan visual spasial tersebut adalah cara berpikir, isi yang dipikirkan, dan hasil berpikir sebagai kemampuan menyelesaikan masalah visual saat melukis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif tentang kecerdasan visual spasial Grafika Nuansa Oktaviano pada karya seni lukisnya. Objek material penelitian adalah 5 karya seni lukis Okta. Data berupa uraian secara tertulis tentang kecerdasan visual spasial Okta yang tampak pada karya seni lukis. Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji kembali dengan menggunakan triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan visual spasial Okta pada karya lukis terlihat pada cara berpikir, isi yang dipikirkan, dan hasil berpikir sebagai bentuk kecerdasan dalam menyelesaikan masalah visual saat melukis. Kecerdasan visual spasial Okta pada karya lukis sebagai berikut: 1) Cara berpikir Okta menciptakan citra visual dalam pikiran dengan mengolah kembali informasi berdasarkan ingatan, imajinasi, persepsi visual, dan pengalaman visual untuk menciptakan berbagai macam ide gagasan tentang objek serta peristiwa yang merupakan bentuk penyelesaian masalah visual saat melukis. Hal tersebut telihat pada kepekaan okta tehadap bentuk dan fungsi objek secara detail. 2) Isi yang dipikirkan sesuai keinginan Okta yang dipengaruhi oleh faktor individu, berupa motivasi, keinginan, dan kesenangan. Hal tersebut terlihat pada simbol-simbol karya lukis yang menceritakan pengalaman visual sesuai keinginan dan imajinasi Okta. 3) Hasil berpikir terlihat pada kemampuan Okta mengolah, menciptakan ide dan gagasan dalam bentuk simbol objek atau peristiwa pada karya lukisan dengan detail berdasarkan ingatan, imajinasi, persepsi visual, dan pengalaman visual. Kesimpulan hasil penelitian adalah kecerdasan visual spasial Okta adalah kemampuan berpikir secara visual, dan kemampuan menuangkan hasil berpikir visual untuk menyelesaikan masalah visual.