<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah (1)Melakukan pengujian/refleksi kritis\r\nterhadap konsep dan aplikasi praksis dari instrumen evaluasi kebugaran jasmani\r\nanak yaitu TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) kategori 6 – 9 tahun, (2)Menyusun instrumen tes kebugaran jasmani untuk anak usia 6 – 9 yang layak,\r\nvalit, dan reliabel, (3) desiminasi dan implementasi hasil pengembangan.\r\nPenelitian ini dibagai dalam tiga tahap, dimana tahap pertama adalah uji\r\nkebenaran konsep dan praksis terhadap instrument Test Kebugaran Jasmani\r\nIndonesia. Dimana di dalamnya menggunakan pendekatan kualitatif melalui\r\nFocus Group Discussion, in-depth interview dan observasi dengan dibantu kajian\r\nliteratur terbaru. Tahap kedua, berupa penelitian dan pengembangan, bertujuan\r\nuntuk menyusun model test fisik bagi anak-anak usia 6 – 9 tahun dan melakukan\r\nujicoba skala kecil dan luas untuk mengukur keterlaksanaan model tersebut.\r\nTahapan terakhir adalah model yang sudah teruji pada skala kecil yang merupakan\r\nmodel final diujicobakan dengan skala besar untuk mendapatkan model akhir\r\nyang akan dipatenkan dan dapat dipakai secara Nasional.\r\nAdapun model pengembangan dalam penelitian ini mengikuti langkahlangkah\r\n\r\nmodel R & D dari Borg dan Gall (1983) yang dibedakan dalam empat\r\ntahap, yaitu: (1) analisis awal, melalui penelitian dan pengumpulan informasi; (2)pengembangan tes, melalui perencanaan sampai dengan pengujian; (3) pembuatan\r\nmanual tes; dan (4) desimilasi dan implementasi. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah siswa sekolah dasar yang menjadi subjek tes TKJI di Daerah Istimewa\r\nYogyakarta. Dengan mengambil siswa di empat Kabupaten dan satu kota yakni\r\nKabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kulon Progo\r\ndan 1 Kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah siswa sekolah dasar di 15\r\nwilayah Kabupaten dan Kota yang tersebar di 3 wilayah geografis yang berbeda\r\nyakni kota, pinggiran dan desa. Teknik sampling menggunakan cluster random\r\nsampling.\r\nData hasil analisis uji beda dengan one way Anava pada data TKJ I\r\nberdasarkan usia dan kelas dapat diperoleh bahwa P = 0,00, karena nilai P < 0,05\r\nmaka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil TKJI pada\r\nsiswa kelas 1, 2, dan 3. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Tukey diperoleh\r\nbahwa uji beda antara kela 1 dengan kelas 2 diperoleh P = 0,013, karena P < 0,05\r\nmaka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil tes TKJI\r\nantara kelas 1 dengan kelas 2, uji beda antara kela 1 dengan kelas 3 diperoleh P =\r\n0,00, karena P < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang\r\niii\r\nsignifikan hasil tes TKJI antara kelas 1 dengan kelas 3, uji beda antara kela 2\r\ndengan kelas 3 diperoleh P = 0,185, karena P > 0,05 maka dapat disimpulkan\r\nbahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil tes TKJI antara kelas 2\r\ndengan kelas 3. Rentang umur antara 6 – 9 mengandung karakteristik yang relatif\r\nunik. Pada usia ini seorang anak memiliki proses tumbuh kembang yang relative\r\nluar biasa. Perbedaan umur dalam setiap bulan membawa perbedaan capiaan dari\r\nsisi pertumbuhan maupun perkembangan. Rentang kategorisasi dari masingmasing\r\nkemampuan\r\nanak\r\n\r\nyang diukur dalam alat tes kebugaran ini sifatnya masih\r\nterlalu kasar. Anak dalam tahapan usia ini merupakan ranah yang bersifat potensi,\r\nbukan pada wilayah aktualisasi. Tkji cenderung mengukur pada wilayah\r\naktualisasi—sehingga penyimpulannya cenderung bersifat justifikasi pada ruang\r\nyang kurang tepat."^^ . "2016" . . . . . . . . . . . . . "Widiyanto"^^ . "Widiyanto"^^ . "Widiyanto Widiyanto"^^ . . "Anwar, M.Phil."^^ . "Dr. Muh Hamid"^^ . "Anwar, M.Phil. Dr. Muh Hamid"^^ . . "Jatmika"^^ . "Herka Maya"^^ . "Jatmika Herka Maya"^^ . . "LPPM UNY"^^ . . . . . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Text)"^^ . . . "WIDIYANTO_FIK.pdf"^^ . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN\r\nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA\r\nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK\r\nUSIA 6-9 TAHUN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #31028 \n\nUJI FALSISIKASI RELEVANSI KONSEP DAN PRAKSIS INTRUMEN \nTKJI (TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA) SERTA \nPENYUSUNAN MODEL TES FISIK BAGI ANAK-ANAK \nUSIA 6-9 TAHUN\n\n" . "text/html" . . . "LPPM" . .