%0 Generic
%A Sunarso, -
%A Paryanto, Paryanto
%A LPPM UNY,
%D 2016
%F UNY:31026
%K CBT berbasis karakter, Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan
%T PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED  TRANING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN  KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
%U http://eprints.uny.ac.id/31026/
%X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Perbedaan aktivitas belajar  siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter  dengan kelas yang tidak menerapkan; (2) Perbedaan prestasi  belajar siswa antara  kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter dengan kelas  yang tidak menerapkan; (3) Efektivitas model pembelajaran Competence Based  Training (CBT) berbasis karakter untuk pembelajaran praktik kerja mesin di  SMK, dalam meningkatkan kualitas lulusan (kompeten dan berkarakter).  Metode implementasi dilaksanakan dengan menggunakan metode kuasi  eksperimen. Lokasi implementasi di 4 SMK bidang teknologi dan rekayasa yang  berada di wilayah kota Yogyakarta, yaitu SMK N 2, SMK N 3, SMK N Piri 1, dan  SMK Muh. 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik  deskriptif kuantitatif.  Hasil akhir yang didapatkan adalah: (1)Terdapat perbedaan aktivitas  belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana aktivitas belajar  pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (2) Terdapat perbedaan  prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi  belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) Penerapan model  pembelajaran CBT berbasis karakter, efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan  SMK, yaitu dalam rangka membekali siswa dengan kompetensi akademik dan  karakter diri yang unggul.
%Z Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015