@misc{UNY31026, title = {PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED TRANING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN}, author = {- Sunarso and Paryanto Paryanto}, year = {2016}, note = {Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter dengan kelas yang tidak menerapkan; (2) Perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter dengan kelas yang tidak menerapkan; (3) Efektivitas model pembelajaran Competence Based Training (CBT) berbasis karakter untuk pembelajaran praktik kerja mesin di SMK, dalam meningkatkan kualitas lulusan (kompeten dan berkarakter). Metode implementasi dilaksanakan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Lokasi implementasi di 4 SMK bidang teknologi dan rekayasa yang berada di wilayah kota Yogyakarta, yaitu SMK N 2, SMK N 3, SMK N Piri 1, dan SMK Muh. 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil akhir yang didapatkan adalah: (1)Terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana aktivitas belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) Penerapan model pembelajaran CBT berbasis karakter, efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan SMK, yaitu dalam rangka membekali siswa dengan kompetensi akademik dan karakter diri yang unggul.}, keywords = {CBT berbasis karakter, Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/31026/} }