@misc{UNY31026,
           title = {PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPETENCE BASED
TRANING (CBT) BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN
KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN},
          author = {- Sunarso and Paryanto Paryanto},
            year = {2016},
            note = {Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015},
        abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Perbedaan aktivitas belajar
siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter
dengan kelas yang tidak menerapkan; (2) Perbedaan prestasi  belajar siswa antara
kelas yang menerapkan model pembelajaran CBT berbasis karakter dengan kelas
yang tidak menerapkan; (3) Efektivitas model pembelajaran Competence Based
Training (CBT) berbasis karakter untuk pembelajaran praktik kerja mesin di
SMK, dalam meningkatkan kualitas lulusan (kompeten dan berkarakter).
Metode implementasi dilaksanakan dengan menggunakan metode kuasi
eksperimen. Lokasi implementasi di 4 SMK bidang teknologi dan rekayasa yang
berada di wilayah kota Yogyakarta, yaitu SMK N 2, SMK N 3, SMK N Piri 1, dan
SMK Muh. 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik
deskriptif kuantitatif.
Hasil akhir yang didapatkan adalah: (1)Terdapat perbedaan aktivitas
belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana aktivitas belajar
pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (2) Terdapat perbedaan
prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi
belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol; (3) Penerapan model
pembelajaran CBT berbasis karakter, efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan
SMK, yaitu dalam rangka membekali siswa dengan kompetensi akademik dan
karakter diri yang unggul.},
        keywords = {CBT berbasis karakter, Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/31026/}
}