%0 Generic %A Samsul, Hadi %A K. Ima, Ismara, M.Pd, M.Kes %A Dr. Ir. Effendie, Tanumihardja, SU MM %A LPPM UNY, %D 2016 %F UNY:31020 %K kesulitan belajar, kompetensi dasar kejuruan, SMK, tes diagnostik %T PENGEMBANGAN SISTEM TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI DASAR KEJURUAN SISWA SMK %U http://eprints.uny.ac.id/31020/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengembangkan sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan, b) mengetahui kinerja sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK, dan mengetahui dampak sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tahun ketiga dari tiga tahun yang direncanakan. Penelitian ni menggunakan pendekatan penelitian Research and Development perangkat lunak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model modifikasi linear sequential yang disebut juga sebagai classic life cycle atau model waterfall yang memiliki 4 langkah. Langkah terakhir yaitu evaluasi pemanfaatan sistem, dilaksanakan pada tahun ketiga untuk melihat dampak sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK. Penelitian dilakukan di 4 SMK Negeri di D.I. Yogyakarta pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dengan melibatkan 98 siswa dan 77 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) menurut siswa manfaat sistem tes diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK mempunyai kategori baik, sedangkan menurut guru manfaat tersebut mempunyai kategori sangat baik. 2) Menurut siswa dampak penerapan sistem tes diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan termasuk kategori baik, sedangkan menurut guru dampak tersebut termasuk kategori sangat baik. %Z Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015