?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F30993%2F&rft.title=LAPORAN+PRAKTEK+PENGALAMAN+LAPANGAN+2015%0D%0ATK+ABA+SEMUTEN%2C+JATIMULYO%2C+DLINGO%2C+BANTUL&rft.creator=HANDAYANI+TRI+REZEKI%2C+HANDAYANI+TRI+REZEKI&rft.subject=LPPMP&rft.description=Program+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+sebagai+salah+satu+program+wajib+bagi%0D%0Amahasiswa+UNY+program+studi+pendidikan+berbobot+3+SKS.+Program+Praktik+Pengalaman%0D%0ALapangan+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+pengetahuan+dan+keterampilan%2C+serta%0D%0Aprofesionalitas+mahasiswa+sebagai+seorang+calon+pendidik+yang+dituntut+harus+memiliki+empat%0D%0Akompetensi+guru+yaitu+kompetensi+pedagogik%2C+kompetensi+profesional%2C+kompetensi+personal%2C+dan%0D%0Akompetensi+sosial.+Universitas+mengadakan+kegiatan+ini+dengan+maksud+menyiapkan+mahasiswimahasiswinya%0D%0A%0D%0Auntuk+menjadi+calon+pendidik%2C+disini+khususnya+adalah+calon+pendidik+anak+usia%0D%0Adini.%0D%0A+Kegiatan+PPL+ini+dilakukan+selama+satu+bulan%2C+terhitung+mulai+tanggal+10+Agustus%0D%0Asampai+dengan+12+September+2015+yang+berlokasi+di+TK+ABA+Semuten%2C+Jatimulyo%2C+Dlingo%2C+Bantul.%0D%0ASebelum+pelaksanaan+kegiatan+PPL%2C+terlebih+dahulu+mahasiswi+melaksanakan+micro+teaching+dan%0D%0Areal+pupil%2Cdan+pembekalan+PPL+yang+dimaksudkan+agar+mahasiswi+lebih+siap+saat+kegiatan+PPL%0D%0Aberlangsung.Program+kegiatan+dan+rancangan+kegiatan+PPL+2015+terdiri+dari+dua+program%2C+yaitu%0D%0Aprogram+yaitu+program+pengajaran+dan+program+non+pengajaran.Program+pengajaran%0D%0Apengajaran+terbimbing+3+kali+dan+ujian+PPL+2+kali.+Program+non+pengajaran+meliputi+upacara+hut%0D%0ARI%2C+ekstrakurikuler+baca+tulis+al-qur%E2%80%99an+dan+ekstrakurikuler+calistung.++%0D%0A+Banyak+hal+yang+dipersiapakan+pada+kegiatan+pembelajaran+di+kelas%2C+hal+yang+perlu%0D%0Adiperhatikan+mulai+dari+kegiatan+perencanaan%2C+pembuatan+RKH+(rencana+kegiatan+harian)%2C%0D%0Apembuatan+media+dan+alat+peraga%2C+pelaksaan%2C+sampai+pada+proses+evaluasi+pembelajaran.%0D%0AKarenaanak-anak+belajar+dari+hal+yang+konkrit+dalam+belajar+maka+harus+menyiapkan+media%0D%0Ayang+sesuai+dengan+kriteria%2C+seperti+harus+membawa+benda-benda+sebenarnya+karena+anak%0D%0Aberada+pada+tahap+operasional+konkrit%2C+atau+jika+tidak+memungkinkan+maka+gambar+atau%0D%0Atiruannya+yang+memiliki+ukuran+tidak+terlalu+kecil+supaya+anak+bisa+melihat+dan+memahami%0D%0Adengan+jelas.+Dari+hal-hal+kecil+dan+sederhana++stimulasi+perlu+diperhatikan+jika+menjadi+seorang%0D%0Aguru+demi+dapat+mendidik+anak-anak+sehingga+mencapai+tumbuh+kembang+optimal.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F30993%2F1%2FHANDAYANI%2520TRI%2520REZEKI%252012111241015.pdf&rft.identifier=++HANDAYANI+TRI+REZEKI%2C+HANDAYANI+TRI+REZEKI++(2015)+LAPORAN+PRAKTEK+PENGALAMAN+LAPANGAN+2015+TK+ABA+SEMUTEN%2C+JATIMULYO%2C+DLINGO%2C+BANTUL.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++