@techreport{UNY30983, type = {Project Report}, year = {2015}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, author = {Afrenia Wulandari Afrenia Wulandari}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN TK ABA SEMUTEN SEMUTEN, JATIMULYO, DLINGO, BANTUL}, keywords = {PPL, TK ABA SEMUTEN, PG PAUD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30983/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2015 telah dilaksanakan di TK ABA SEMUTEN sejak tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke sekolah sebagai seorang pendidik. PPL adalah program wajib yang harus Mahasiswa laksanakan sebagai syarat menuju gelar strata. Melalui kegiatan ini pula, mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan serta belajar memilah-milah teori yang sesuai dengan proses pembelajaran di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran serta kegiatan-kegiatan lain yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan, mahasiswa harus menempuh beberapa tahap diantaranya adalah praktek pembelajaran mikro teaching dan real pupil terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran banyak hal yang diperlukan untuk persiapan mengajar seperti pembuatan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang telah disesuaikan dengan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), pembuatan media pembelajaran dan alat peraga. Sampai dengan pembuatan instrumen penilaian serta evaluasi pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 5 kali. Sebelum melaksanakan praktek mengajar dikelas, mahasiswa mengkonsultasikan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada guru kelas. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, megajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.} }