relation: http://eprints.uny.ac.id/30924/ title: Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA creator: Zur’ah Rissa, Ruskisatiana Aulia subject: LPPMP description: Sebagai salah satu universitas kependidikan terbaik di Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki beberapa program guna meningkatkan kualitas kependidikan. Salah satu program yang dikeluarkan UNY adalah pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara terpadu. Adapun misi dari PPL adalah pembentukan dan peningkaran kemampuan guru secara profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh penyusun di semester khusus setelah pelaksanaan KKN. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Kabupaten Bantul, yaitu SMA Negeri 2 Bantul. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. hal tersebut tentu akan sangat berguna sebagai sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, observasi, praktek mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan selama lima bulan, yaitu tanggal 9 Agustus 2015 sampai 10 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 10 kali dari ketentuan minimal sebanyak empat kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X IIS 1 sebanyak satuli, X IIS 2 sebanyak satu kali, XI MIA 4 sebanyak satu kali dan XI MIA 6 sebanyak satu kali dan XI MIA 7 sebanyak empat kali. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan lebih di SMA Negeri 2 Bantul ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan, penerapan pendidikan karakter dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Penyusun menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan PPL-UNY tetap terjaga dengan baik karena sekolah telah memberikan banyak pengalaman bagi penyusun. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2015 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/30924/1/LAPORAN%20PPL%20ZUR%E2%80%99AH%20RISSA%20R.A%20%2812406241037%29.pdf identifier: Zur’ah Rissa, Ruskisatiana Aulia (2015) Laporan Individu PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.