eprintid: 30894 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/08/94 datestamp: 2016-04-12 04:26:43 lastmod: 2019-10-01 11:48:32 status_changed: 2016-04-12 04:26:43 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: HAFIAN, FUAD title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SMA NEGERI 2 Bantul ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) abstract: Praktik Pengalaman lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bantul yang berlokasi di Trirenggo, Bantul yang berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, yaitu sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMA Negeri 2 Bantul. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 4 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan hal manajerial sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar. Tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PPL berlangsung. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi kondisi dan situasi yanga ada. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala bentuk problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa UNY di SMA Negeri 2 Bantul berjalan dengan sangat lancar. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar-benar diterapkan saat PPL berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: HAFIAN, FUAD (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SMA NEGERI 2 Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/30894/1/LAPORAN%20PPL%20HAFIAN%20FUAD%20%2810202241065%29.pdf