TY - UNPB Y1 - 2012/01/19/ KW - keterampilan membaca KW - cerita bahasa Jawa ID - UNY30861 PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA MELALUI PENERAPAN TEKNIK KWL (What I Know, What I Want to Learn, and What I Learned) A1 - Prahantoro, Andra Dadang AV - public N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita bahasa Jawa siswa kelas VIIIB SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan menggunakan teknik KWL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam II siklus dan 5 kali pertemuan, 1 kali pertemuan untuk pratindakan dan masing-masing 2 kali pertemuan untuk siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes keterampilan membaca pemahaman, lembar observasi, lembar catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan validitas instrumen penelitian ini, digunakan validitas demokratik dan validitas proses, sedangkan reliabilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan sumber. Data dianalisis dengan cara deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan peningkatan kualitas proses (keaktifan dan antusias siswa dalam pembelajaran) dan kemampuan membaca pemahaman (75% siswa mencapai KKM). Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa dengan diterapkanya teknik KWL kualitas pembelajaran menjadi meningkat, dengan indikasi meningkatnya keaktifan, apresiasi, minat belajar, memahami isi bacaan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keterampilan membaca pemahaman siswa juga meningkat, terbukti dengan nilai rerata siswa sebelum tindakan sebesar 6,86 sedangkan pada siklus I nilai rerata sebesar 7,47 dan siklus II dengan nilai rerata 8,06. Persentasi kelulusan juga telah mengalami peningkatan, sebelum diterapkan teknik KWL persentasi KKM sebesar 27,78% pascatindakan siklus I persentasi KKM sebesar 58,33% dan pascatindakan siklus II persentasi KKM sebesar 85,29%. Hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dengan teknik KWL mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa yang telah ditentukan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti palajaran telah mencapai taraf keberhasilan minimal sebesar 7,5. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/30861/ ER -