TY - GEN AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/30821/ A1 - Nurhening Yuniarti, M.T N1 - Laporan Penelitian Disertasi Dokter 2015 Y1 - 2016/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen evaluasi outcome (IEO) yang layak untuk digunakan; dan (2) menyusun panduan penggunaan instrumen evaluasi outcome. Instrumen yang valid dan reliabel akan menentukan keberhasilan kegiatan evaluasi, sedangkan untuk dapat melaksanakan evaluasi dengan benar dibutuhkan panduan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi empat tahapan penelitian yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap perencanaan dan pengembangan, (3) tahap uji coba, dan (4) tahap implementasi. Penelitian dilakukan di Fakultas Teknik UNY dan SMK yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Adapun subyek penelitian terdiri dari: praktisi pendidikan di LPTK, lulusan LPTK yang menjadi guru SMK, kepala sekolah, dan siswa SMK. teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Hasil analisis validitas dan reliabilitas dihasilkan 26 butir instrumen untuk lulusan, 23 butir instrumen untuk kepala sekolah, dan 18 butir instrument untuk siswa SMK yang memenuhi syarat validitas (loading factor > 0.3) dan reliabel (construct reliability ?0,6); (2) Panduan yang telah disusun untuk implementasi instrumen evaluasi outcome memenuhi standar kelayakan berdasarkan 2 kriteria penilaian yakni: isi panduan dan bahasa yang digunakan. Berdasarkan analisis data, panduan dinyatakan layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 4,5 dari skor maksimal 5. ID - UNY30821 TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI OUTCOME BAGI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) KW - pengembangan instrumen KW - validitas KW - reliabilitas ER -