<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca\r\npermulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag Magelang menggunakan\r\nmedia flashcard. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan\r\nmembaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag serta guru masih\r\nsering menggunakan (LKA) Lembar Kerja Anak, papan tulis, dan spidol sebagai\r\npembelajaran membaca permulaan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara\r\nkolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.\r\nTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi V\r\nGrabag yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak\r\nperempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca\r\npermulaan menggunakan media flash card. Metode yang digunakan dalam\r\npengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan\r\nsecara kualitatif dan kuantitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan\r\nkemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag.\r\nPeningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap\r\nsiklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 25,23% dan dari\r\nSiklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,43%. Anak yang berada\r\npada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar\r\n41,17%, pada Siklus I sebesar 66,4%, dan pada Siklus II sebesar 81,83%. Adapun\r\nkeberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) Guru\r\nmenyusun media flash card kemudian dipegang setinggi dada dan menghadap ke\r\nanak,(2) Anak memperhatikan guru yang membacakan satu per satu flash card\r\ntersebut secara cepat dalam waktu 1-5 detik, (3) Anak diajak membacakan\r\nflashcard secara bersama-sama, (4) Anak diajak bertepuk semangat, supaya anak\r\ntetap semangat, (5) Kemudian anak diberikan tugas membacakan flashcard secara\r\nbergantian, menunjukkan media flash card yang mempunyai huruf awal yang\r\nsama seperti yang ditunjukkan guru, anak diberikan reward pujian dari guru,\r\nsupaya anak tidak jenuh, memasangkan atau menempelkan antara gambar dengan\r\ntulisan, membuat coretan dibawah gambar, dan anak diberikan reward penilaian\r\ndari guru yaitu memberikan gambar bintang pada tangan anak."^^ . "2016-03-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Rakhmawan"^^ . "Dwi Atmanto"^^ . "Rakhmawan Dwi Atmanto"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #30753 \n\nUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .