<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA\r\nsiswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi antara yang diajar dengan media video dan\r\npembelajaran konvensional (2) efektifitas penggunaan media video dalam\r\npembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 kandangwangi.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan\r\nquasi eksperimen dengan jenis pretest-posttest control group design.Subjek\r\npenelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Kandangwangi, sejumlah 40 orang siswa\r\nkelas IVA dan kelas IVB. Penelitian ekperimen ini dilakukan dengan\r\nmembandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yakni kelas eksperimen\r\nmenggunakan media video sementara kelas kontrol menggunakan bentuk\r\npembelajaran konvensional yaitu ceramah dan penugasan. Data penelitian\r\ndiperoleh dari hasil tes soal pretest dan posttest, serta dokumentasi yang dilakukan\r\nsebelum penelitian terhadap kedua kelompok dengan menggunakan pengontrolan\r\nvariabel sehingga hasil penelitian tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak\r\nditeliti. Validasi instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji\r\nvaliditas instrumen menggunakan korelasi product moment, sedangkan untuk\r\nreliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Spearman-Brown. Analisa data\r\ndilakukan secara kuantitatif yakni menggunakan perhitungan t-test. Semua hasil\r\ndilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 15.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA\r\nantara yang diajar dengan menggunakan media video dan model pembelajaran\r\nkonvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t pretest antara kelompok\r\neksperiman dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan dengan\r\nperolehan t-hitung -0,136 lebih kecil dari t-tabel 2,024. Adapun perolehan posttest\r\nantar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan perbedaan yang\r\nsignifikan dengan perolehan t-hitung 4,591 lebih besar dari t-tabel 2,024. (2)\r\nPembelajaran dengan media video lebih efektif daripada model pembelajaran\r\nkonvensional dalam pembelajaran IPA dengan bobot keefektifan 21,74%. Hal ini\r\nditunjukan dari Mean difference kelas eksperimen sebesar 71,25, lebih tinggi dari\r\npada Mean difference kelas kontrol sebesar 64.625."^^ . "2016-03-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Mohamad"^^ . "Nur Prasetiyo"^^ . "Mohamad Nur Prasetiyo"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI\r\nKABUPATEN BANJARNEGARA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #30752 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR \nSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 2 KANDANGWANGI \nKABUPATEN BANJARNEGARA\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . . . "Media Pendidikan" . .