%0 Thesis %9 S2 %A Lantik, Vinsensius %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:30746 %I UNY %K kinerja profesional, self-efficacy, lulusan S1 pendidikan fisika %T Kinerja Profesional dan Self-Efficacy Guru Fisika Lulusan S1 Pendidikan Fisika Tahun 2008 sampai dengan 2012 yang Mengajar di SMA Se-Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur %U http://eprints.uny.ac.id/30746/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja profesional dan self-efficacy guru fisika lulusan S1 pendidikan fisika yang mengajar di SMA se-Kota Kupang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 guru fisika di SMA se-Kota Kupang yang lulus S1 pendidikan fisika tahun 2008 sampai dengan 2012. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Kuesioner diberikan kepada guru fisika, guru sejawat, dan kepala sekolah untuk menilai kinerja profesional guru fisika bersangkutan. Observasi dilakukan terhadap pelaksanaan pembelajaran guru fisika di kelas. Dokumentasi dilakukan untuk menilai RPP yang dibuat oleh guru fisika. Semua instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti sendiri dan dinyatakan valid dan reliabel. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif menggunakan pendekatan kurva normal yang dikonversi dalam skala-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja profesional guru fisika lulusan S1 pendidikan fisika yang mengajar di SMA se-Kota Kupang yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dapat dikategorikan baik, dengan perolehan nilai 3,77 dalam skala-5. Sedangkan besar self-efficacy guru fisika lulusan S1 pendidikan fisika yang mengajar di SMA se-Kota Kupang yang berkaitan dengan personal self-efficacy dan outcome expectancy dapat dikategorikan tinggi, dengan perolehan nilai 3,97 dalam skala-5.