%T Pengembangan Buku Pengayaan Materi Redoks Berbasis Potensi Lokal di Kulon Progo untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMA N I Galur %D 2013 %I UNY %A Murniningsih Murniningsih %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan buku pengayaan materi redoks berbasis potensi lokal di Kulon Progo yang layak digunakan dalam pembelajaran kimia, 2) mengetahui pengaruh penggunaan buku pengayaan terhadap peningkatan kemandirian belajar, dan 3) mengetahui pengaruh penggunaan buku pengayaan terhadap peningkatan kesadaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Penelitian terdiri dari tujuh tahap yang meliputi tahap pendahuluan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi produk, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Tahap uji coba lapangan menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan nonequivalen control group design. Subjek uji coba adalah peserta didik SMA N 1 Galur yang berjumlah 53 orang dengan rincian 25 orang peserta didik kelas kontrol dan 28 orang peserta didik kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi produk, lembar angket respon peserta didik terhadap produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket kemandirian belajar dan kesadaran lingkungan serta lembar observasi kemandirian belajar dan kesadaran lingkungan. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data kemandirian belajar dan kesadaran lingkungan diolah dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dihasilkan buku pengayaan materi redoks berbasis potensi lokal di Kulon Progo. Buku pengayaan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media pembelajaran, guru kimia, teman sejawat, peserta didik kelompok kecil dan peserta didik kelompok lapangan rata-rata menilai baik, sehingga layak digunakan, 2) berdasarkan uji Mann-Whitney U diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. (Sig= 0,722; p<0,05), dan 3) berdasarkan uji Mann-Whitney U diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran lingkungan kelas eksperimen dengan kelas kontrol (Sig=0,018; p<0,05). %K pengembangan, buku pengayaan, kesadaran lingkungan, kemandirian belajar %L UNY30739