%0 Thesis %9 S1 %A Febriyati, Rizki %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:30730 %I UNY %T PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SELAMA PROSES PEMBELAJARAN ILMU GIZI DI SMK N 3 WONOSARI %U http://eprints.uny.ac.id/30730/ %X PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SELAMA PROSES PEMBELAJARAN ILMU GIZI DI SMK N 3 WONOSARI Oleh: Rizki Febriyati NIM 13511242013 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengetahui tingkat perilaku kedisiplinan siswa selama proses pembelajaran (2) mengetahui faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi perilaku kedisiplinan siswa kelas X SMK N 3 Wonosari, dan (3) mengetahui faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi perilaku kedisiplinan siswa kelas X SMK N 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Waktu penelitian dari bulan Juli 2014 sampai Mei 2015. Variabel penelitian ini adalah perilaku kedisiplinan siswa kelas X selama proses pembelajaran IlmuGizi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga di SMK N 3 Wonosari.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Tata Boga 2 SMK N 3 Wonosari sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angketdan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan siswa dalamperilaku kedisiplinan di SMK N 3 Wonosari sebanyak (71.88%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek disiplin waktu, sebanyak (66.38%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek disiplin diri, sebanyak(56.25%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek pengendalian diri, sebanyak (79.13%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek memahami fungsi kedisiplinan bagi diri sendiri, sebanyak (79.65%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek kedisiplinan didalam kelas, sebanyak (75.87%) termasuk dalam kategori tinggi yang dilihat dari aspek mampu membedakan sikap disiplin yang benar dan salah, (2) perilaku kedisiplinan siswa di SMK N 3 Wonosari yang dilihat dari faktor internal sebanyak (43,8%) termasuk pada kategori tinggi, (3) perilaku kedisiplinan siswa di SMK N 3 Wonosari yang dilihat dari faktor eksternal sebanyak (40,6%) termasuk pada kategori cukup. Kata Kunci : Perilaku Kedisiplinan, Faktor Internal, Faktor Eksternal.