%L UNY30716 %I Fakultas Ekonomi %A Ristia Eriana Putri %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pengetahuan tentang perkoperasian terhadap partisipasi dalam berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok, 2) pengaruh minat berkoperasi terhadap partisipasi dalam berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok, 3) pengaruh pengetahuan perkoperasian, dan minat berkoperasi terhadap partisipasi berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri 2 Depok Sleman yang berjumlah 465 siswa. Sampel diambil sebanyak 215 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif pengetahuan perkoperasian terhadap partisipasi dalam berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok. Hal tersebut ditunjukkan dengan skor thitung (2.437) > ttabel (1.652); 2) terdapat pengaruh positif minat berkoperasi terhadap partisipasi dalam berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok. Hal tersebut ditunjukkan dengan skor thitung (2.647) > ttabel (1.652); 3) terdapat pengaruh positif pengetahuan perkoperasian, dan minat berkoperasi terhadap partisipasi dalam berkoperasi bagi siswa kelas XI SMK 2 Depok. Hal tersebut dapat dilihat dari koefisien RY(1,2) sebesar (0.499) > Rtabel (0.133) dan Fhitung (14.358 ) > Ftabel (3.04). %T PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN DAN MINAT BERKOPERASI TERHADAP PARTISIPASI DALAM BERKOPERASI BAGI SISWA KELAS XI SMK 2 DEPOK PADA TAHUN AJARAN 2014/2015 %D 2016