%T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SELERA HUMOR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJARMATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016 %D 2016 %I Fakultas Ekonomi %X Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Pengaruh persepsi siswa tentang selera humor guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Purworejo tahun ajaran 2015-2016. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Purworejo tahun ajaran 2015-2016. (3) Pengaruh persepsi siswa tentang selera humor guru dan motivasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Purworejo tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Subjek penelitian ini adalah 91 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Purworejo tahun ajaran 2015-2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Uji validitas instrumen menggunakan teknis analisis korelasi Correted Item Total Correlation dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang selera humor guru terhadap prestasi belajar. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang selera humor guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,207 dapat diartikan bahwa 20,7% prestasi belajar di pengaruh oleh persepsi siswa tentang selera humor guru dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sumbangan relatif selera humor guru 43% dan motivasi belajar 57%. Sumbangan efektif selera humor guru 8,9% dan motivasi belajar 11,8%. %A Yuli Sugiarto %L UNY30715