@phdthesis{UNY30714, year = {2016}, title = {PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 JOGONALAN}, month = {January}, author = {Dwi Cahyo Adhi}, school = {Fakultas Ekonomi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30714/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI program IPS di SMAN 1 Jogonalan, mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI program IPS di SMAN 1 Jogonalan, dan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI program IPS di SMAN 1 Jogonalan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar Ekonomi, status sosial ekonomi, dan bimbingan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Jogonalan tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 109. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) status sosial ekonomi tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,063 lebih dari 0,05. (2) bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. (3) status sosial ekonomi dan bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. Nilai R2 sebesar 0,238 ini berarti 23,8\% prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi dijelaskan oleh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar. Sedangkan 76,2\% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }