%0 Thesis %9 S1 %A Basori, Hida Mujahida %A Suparmini, %B Pendidikan IPS %D 2016 %F UNY:30709 %I FIS %T HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FIS UNY %U http://eprints.uny.ac.id/30709/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan dengan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY, (2) hubungan antara keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY, (3) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY, dan (4) hubungan antara keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan desain expost facto, dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner/angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi Product Moment untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, dan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan IPS FIS UNY, hal ini ditunjukkan dengan r hitung 0.189 lebih kecil dari r tabel 0.224. (2) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan IPS FIS UNY, hal ini ditunjukkan dengan r hitung 0.183 lebih kecil dari r tabel 0.224. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan IPS FIS UNY, hal ini ditunjukkan dengan r hitung 0.924 lebih besar dari r tabel 0.224. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiwa pendidikan IPS FIS UNY hal ini ditunjukkan dengan Ry(1,2) sebesar 0.924 dengan Fhitung sebesar 210.474 lebih besar dari Ftabel sebesar 3.11 dengan signifikansi sebesar 0.000. Kata Kunci : Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi Kemahasiswaan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar