%0 Thesis %9 S2 %A Christianti, F. Yudha %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:30705 %I UNY %K KKNI level tujuh, capaian pembelajaran, PPG Basic Science %T Studi Capaian Pembelajaran KKNI Level Tujuh Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Basic Science Pendidikan Biologi FMIPA UNY %U http://eprints.uny.ac.id/30705/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapan input program PPG Basic Science dilihat dari kemampuan akademik awal mahasiswa, motivasi awal mahasiswa, kurikulum, dan sarana dan prasarana PPG Basic Science; (2) mendeskripsikan pola proses pelaksanaan PPG Basic Science dilihat dari matrikulasi, workshop SSP, dan PPL; dan (3) mendeskripsikan output PPG Basic Science dilihat dari ketercapaian capaian pembelajaran mahasiswa PPG Basic Science terhadap KKNI level tujuh. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara dan dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 16 mahasiswa, dan responden terdiri atas 14 guru pamong, delapan dosen pembimbing, dan 160 peserta didik di sekolah mitra PPL mahasiswa PPG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa, kurikulum, dan sarana dan prasarana PPG Basic Science telah disiapkan dengan baik; (2) program matrikulasi PPG Basic Science FMIPA UNY dilaksanakan pada bulan Agustus–Desember 2011 dengan mata kuliah yang diajarkan yaitu 12 mata kuliah pendidikan sebanyak 22 sks dan 17 materi pendalaman Biologi SMA setara dengan 68 sks, workshop SSP dilaksanakan selama satu semester pertama, dilakukan dalam bentuk lokakarya dan menghasilkan produk berupa SSP kelas X, XI dan XII, dan kegiatan PPL dengan pola blok waktu dilaksanakan selama satu semester pada semester kedua dengan metode praktik terbimbing dan mandiri; dan (3) capaian pembelajaran mahasiswa telah mencapai KKNI level tujuh. Dengan demikian program PPG dapat diteruskan.