%L UNY30687 %A Regata Reza %X PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGGUNAAN MULTIMETER PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK KELAS X DI SMK NASIONAL BERBAH Oleh: Reza Regata NIM. 11501241038 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik di SMK Nasional Berbah, (2) mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran interaktif penggunaan multimeter, (3) mengetahui respon penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif penggunaan multimeter. Peneitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Nasional Berbah dengan subyek penelitian Kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data digunakan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) model multimedia pembelajaran interaktif yang tepat pada mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik harus mencakup aspek materi dan aspek media, (2) penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 63 sehingga masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, sedangkan penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 58 sehingga masuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran, (3) penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor 82,2 sehingga masuk dalam kategori sangat layak sebagai media pembelajaran. Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, penggunaan multimeter %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGGUNAAN MULTIMETER PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK KELAS X DI SMK NASIONAL BERBAH %I UNY %D 2016