eprintid: 30676 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1208 dir: disk0/00/03/06/76 datestamp: 2016-04-06 01:18:45 lastmod: 2019-01-30 07:12:04 status_changed: 2016-04-06 01:18:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilia, Siska corp_creators: Utami Dewi title: Peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengatasi Permasalahan Pembangunan Fave Hotel Kota Yogyakarta ispublished: pub subjects: administrasi_negara divisions: fis_adm_negara full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengatasi permasalahan pembangunan Fave Hotel Kota Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Lembaga Ombudsman DIY, Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup BLH Kota Yogyakarta, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengaduan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, HRD Fave Hotel Kota Yogyakarta, Ketua RW 04, Kelurahan Muja-Muju, Miliran dan anggota Paguyuban Gerakan Warga Berdaya Jogja Asat. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Lembaga Ombudsman DIY berperan dalam memberikan pengawasan, mediasi dan memberikan rekomendasi. Dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan Fave Hotel Kota Yogyakarta, Lembaga Ombudsman DIY berperan sebagai pengawas dengan melakukan pengawasan melalui laporan warga yang telah dikaji lalu melakukan investigasi dan klarifikasi dengan mengundang berbagai pihak terkait untuk mengetahui lebih lanjut permasalahan tersebut. Setelah itu, Lembaga Ombudsman DIY mempertemukan semua pihak terkait dalam sebuah mediasi sehingga dapat menghasilkan sebuah rekomendasi, yaitu (1) Pihak Fave Hotel direkomendasikan untuk mengurus surat izin pengeboran sumur tanah dalam, melakukan pengecekan ulang mengenai kedalaman sumur dan memberikan kompensasi kepada warga sekitar hotel, (2) BLH Kota Yogyakarta direkomendasikan untuk melakukan pengawasan pengeboran sumur air tanah dalam yang akan dilakukan oleh Fave Hotel. Kata Kunci: Peran, Lembaga Ombudsman DIY, Fave Hotel date: 2016 date_type: published institution: FIS department: Ilmu Administrasi Negara thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id citation: Aprilia, Siska (2016) Peran Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengatasi Permasalahan Pembangunan Fave Hotel Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/30676/1/SKRIPSI%2011417141021.swf