TY - THES A1 - Irwanto, Irwanto PB - UNY TI - Pengembangan Instrumen Penilaian Terintegrasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia Peserta Didik SMA/MA AV - public KW - instrumen penilaian terintegrasi KW - kemampuan berpikir analitis KW - keterampilan proses sains KW - politomus Y1 - 2016/03/31/ ID - UNY30647 UR - http://eprints.uny.ac.id/30647/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian terintegrasi, mendeskripsikan kelayakan instrumen, mengetahui respons guru terhadap instrumen, mengetahui karakteristik instrumen, serta mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains kimia peserta didik SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk awal ditinjau oleh peer reviewer, divalidasi oleh expert judgment, diujiketerbacaannya oleh peserta didik, dan dinilai kelayakannya oleh guru kimia. Penelitian melibatkan 432 peserta didik kelas XI IPA di lima SMA/MA di Kota Yogyakarta. Hasil uji coba instrumen berupa data politomus dan dianalisis dengan pendekatan Partial Credit Model 1-Parameter Logistic (PCM 1-PL) menggunakan program WINSTEPS 3.73. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar validasi butir soal, angket respons pengguna instrumen, angket keterbacaan instrumen, dan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian terintegrasi memiliki nilai validitas Aiken sebesar 0,95. Respons guru terhadap instrumen penilaian terintegrasi dinyatakan sangat baik. Pada tahap uji coba lapangan berdasarkan kriteria batas terendah dan tertinggi outfit MNSQ 0,5 dan 1,5, seluruh butir tes uji coba (15 butir) terbukti fit dengan PCM 1-PL. Reliabilitas aitem sebesar 0,99 dan reliabilitas tes sebesar 0,69. Tingkat kesukaran butir soal tergolong baik karena berada pada rentang ?0,74 sampai +1,24 logit. Oleh karena itu, instrumen penilaian terintegrasi layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains kimia peserta didik SMA/MA. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains peserta didik tergolong sedang dengan persentase sebesar 44,84%. ER -