%L UNY30600 %I PGSD %A Noorina Silmi Aliya %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV A MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA %D 2016 %X Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A SD Negeri Demangan Yogyakarta menggunakan metode permainan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas IV A SD Negeri Demangan. Objek penelitian adalah proses dan prestasi belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A SD Negeri Demangan Yogyakarta setelah menggunakan metode permainan. Proses ditinjau dari langkah metode permainan, sedangkan prestasi ditinjau dari ketuntasan belajar. Langkah metode permainan yaitu (1) Menjelaskan petunjuk permainan; (2) Menyepakati aturan permainan secara bersama; (3) Membagi siswa sesuai permainan (individu atau kelompok); (4) Melaporkan hasil permainan; (5) Memberikan penjelasan lanjut terkait pelajaran (baik yang dipelajari maupun yang lalu); dan (6) Memberikan rewards. Ketuntasan belajar pra tindakan 19,4%, siklus I pertemuan pertama menggunakan permainan puzzle 80.6%, pertemuan kedua menggunakan permainan picture and picture 64.5%, siklus II pertemuan pertama menggunakan permainan mencari pasangan 83.9%, dan meningkat pada pertemuan kedua menggunakan permainan kemiskinan 87.1% Kata kunci: prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, metode permainan