TY - THES ID - UNY30595 UR - http://eprints.uny.ac.id/30595/ M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DAYUHARJO SLEMAN A1 - Risnaningtyas, Dewi PB - PGSD Y1 - 2016/04/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Dayuharjo Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Type Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media kartu bergambar dan kelompok kontrol yang melakukan pembelajaran konvensional dengan media buku paket. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media kartu bergambar dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah populatif dengan jumlah populasi sebanyak 49 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu dengan perhitungan mean. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Dayuharjo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan mean post-test yang menunjukkan bahwa nilai mean post-test kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Hasil perhitungan mean post-test kelompok eksperimen sebesar 7,98 berada pada kategori baik sedangkan mean post-test kelompok kontrol sebesar 6,25 berada pada kategori cukup. Selisih nilai mean post-test kedua kelompok tersebut sebesar 1,73. Kata kunci: media kartu bergambar, hasil belajar, IPS ER -