@phdthesis{UNY30585, title = {Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram}, school = {UNY}, author = {M. Taufik}, month = {April}, year = {2013}, url = {http://eprints.uny.ac.id/30585/}, keywords = {pendekatan open ended, motivasi belajar kemampuan pemecahan masalah matematis}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan open ended, ditinjau dari aspek motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMAN 5 Mataram tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X(IPA) SMAN 5 Mataram yang terdiri dari enam kelas (IPA). Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu X(IPA2) dan X(IPA3) sebagai sampel penelitian. Pembelajaran matematika pada kelas X(IPA3) menggunakan pendekatan open ended dan pembelajaran pada kelas X(IPA2) menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen penelitian ini adalah angket motivasi belajar matematika siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk menguji ada tidaknya perbedaan pengaruh antara kelompok yang diajar dengan pendekatan open ended dan kelompok yang diajar dengan pendekatan konvensional digunakan uji manova dan untuk uji-t univariat untuk melihat variabel mana yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh pendekatan open ended dan pendekatan konvensional pada motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X(IPA) SMAN 5 Mataram, dan (2) pendekatan open ended berpengaruh lebih baik terhadap motivasi belajar maupun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X(IPA) SMAN 5 Mataram.} }