%I UNY %D 2013 %T Keefektifan Pendekatan Problem Posing dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP %K problem posing, pembelajaran kooperatif tipe TAI, komunikasi matematis, pemecahan masalah matematis %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem posing dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan keefektifan pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP, dan (3) membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TAI dan pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Purworejo yang berjumlah 190 orang dan tersebar dalam 6 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Berdasarkan pengambilan sampel yang telah dilakukan diperoleh kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Instrumen pengumpulan data berbentuk kuantitatif, yaitu tes tertulis dalam bentuk uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test. Data dianalisis menggunakan one-sample t test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling dan uji-t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pada taraf kepercayaan 95%, pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. (2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. (3) Pada taraf kepercayaan 95%, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan pendekatan problem posing dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TAI dan siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional. Penerapan pendekatan problem posing dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan penerapan pendekatan konvensional. %A Kusnaeni Kusnaeni %L UNY30582