eprintid: 30580 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/03/05/80 datestamp: 2016-04-02 04:04:05 lastmod: 2019-01-29 08:07:52 status_changed: 2016-04-02 04:04:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugraheni, Esti Ambar title: Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Banguntapan Bantul ispublished: pub subjects: D2 subjects: F4 divisions: pps_math full_text_status: public keywords: PMRI, direct instruction, aktivitas siswa, pemahaman konsep matematika abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah: 1) pendekatan PMRI berpengaruh terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa; 2) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari aktivitas siswa; dan 3) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul pada pembelajaran garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari empat kelas. Dari empat kelas diambil dua kelas secara acak. Kelas VII B diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran PMRI, sedangkan kelas VII A diberi perlakuan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket untuk mengukur aktivitas siswa dan tes uraian (pretest dan posttest) untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Koefisien reliabilitas angket, pretest, dan posttest secara berturut-turut adalah 0,928, 0,756, dan 0,702. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test (α = 0,05). Uji F dengan rumus T2 Hotteling (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui beda rata-rata kedua kelas secara multivariat. Uji t dengan kriteria Bonferroni (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui variabel terikat mana yang membuat kedua kelas tersebut berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: : 1) pendekatan PMRI berpengaruh terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa; 2) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari aktivitas siswa; dan 3) pendekatan PMRI lebih baik dibandingkan direct instruction ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul pada pembelajaran garis dan sudut. date: 2013-10-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Nugraheni, Esti Ambar (2013) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Banguntapan Bantul. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/30580/1/tesis-esti-ambar-nugraheni-10709251032.swf