eprintid: 30569 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1200 dir: disk0/00/03/05/69 datestamp: 2016-03-31 00:47:26 lastmod: 2019-01-30 07:02:55 status_changed: 2016-03-31 00:47:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cyntia Tesarani, Tesa creators_id: - title: HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS IXA SMP N 2 PENGASIH ispublished: pub subjects: art_senitari divisions: fbs_pend_seni_tari full_text_status: public keywords: prestasi belajar seni tari,kreativitas, kecerdasan emosional abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas, kecerdasan emosional dan prestasi belajar seni tari kelas IX SMP N 2 Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP N 2 Pengasih. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 2 Pengasih berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan nilai rapor. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) variabel kreativitas tidak memiiliki hubungan signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih, persamaan regresi y=77,323+0,128X1 menunjukan terdapat hubungan positif kreativitas terhadap prestasi belajar namun nilai r hitung < r tabel (n=26,α=5%), 0,315<0,388 (2) variabel kecerdasan emosional memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih, persamaan regresi y=74,982+0,142X2 menunjukan kecerdasan emoional memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar dengan nilai r hitung > r tabel (n=26,α=5%), 0,403>0,388 (3) variabel kreativitas dan kecerdasan emosional bersama-sama tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih. Uji regresi ganda menunjukkan F-hitung 2,569