TY - UNPB AV - public TI - PENGEMBANGAN HANDOUT MATA PELAJARAN KERJAMESIN DENGAN MELAKUKAN PEKERJAAN MESIN BUBUT KELAS XI DI SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA PB - UNY A1 - Nur, Iksan ID - UNY3055 Y1 - 2011/// UR - http://eprints.uny.ac.id/3055/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu produk baru yang berupa handout dan mengetahui kelayakan dan keefektifan handout pembelajaran mata pelajaran kerja mesin berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa di SMK PIRI Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan ((Research and Development)). Pengembangan prodak baru berupa handout mata pelajaran kerja mesin melalui beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) revisi desain; (5) uji coba lapangan awal; (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (8) revisi II; (9) uji coba lapangan operasional; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI Sleman Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan handout pembelajaran mata pelajaran kerja mesin. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk handout pembelajaran mata pelajaran kerja mesin. Berdasarkan silabus, setandar kompetensi dan kompetensi dasar materi-materi kemudian dikembangkan menjadi tiga (3) buah handout. Materi pokok dari tiap handout, yaitu (1) handout 1: menjelaskan pengertian mesin bubut dan macam-macamnya dan bagian-bagian mesin bubut; (2) handout 2: menjelaskan pengertian alat potong dan kecepatan-kecepatan mesin bubut; (3) handout 3: menjelaskan roda gigi pengganti dan pembubuta. Uji kelayakan terhadap handout pembelajaran mata pelajaran kerja mesin yang dikembangkan, menurut penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,38%, dari ahli media memperoleh persentase sebesar 80,55 %, dan dari uji lapangan memperoleh persentase sebesar 79,9%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa handout yang dikembangkan sudah cukup baik digunakan untuk mendukung pembelajaran mata pelajaran kerja mesin. M1 - skripsi ER -