eprintid: 30534 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/03/05/34 datestamp: 2016-03-29 07:10:41 lastmod: 2019-01-29 08:07:30 status_changed: 2016-03-29 07:10:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sahra, Sahra title: Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SMPN 1 Unter Iwes Sumbawa ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: pps_ips full_text_status: public keywords: peta konsep, minat, hasil belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi peta konsep dan minat terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMPN 1 Unter Iwes sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.1 SMPN 2 Sumbawa sebagai kelompok control. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Data diperoleh dengan: (1) tes, untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap konsep IPS, dan (2) angket dengan skala likert, untuk menggolongkan peserta didik dengan minat IPS dan non IPS. Instrumen yang telah dibuat terlebih dahulu mendapatkan expert judgment, instrumen diujicobakan pada siswa kelas VIII-4 dan VIII-6 SMP Negeri 1 Unter Iwes Sumbawa dengan hasil 46 butir angket yang valid dari 75 butir, dan untuk soal tes hasil belajar, terdapat 30 butir yang valid dari 40 butir soal. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran peta konsep lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS dari pada strategi ceramah (dengan rataan 76,47 > 68,69; Fo= 8,84; 0,05); (2) hasil belajar peserta didik dengan minat IPS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik minat non IPS (dengan rataan 73,59 > 72,10; Fo = 7,09; 0,05); dan (3) terdapat interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar dengan (Fo = 12,98; pada 0,05). Dengan demikian strategi peta konsep lebih berpengaruh daripada strategi ceramah untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Oleh karena itu peta konsep dapat digunakan sebagai pembelajaran IPS untuk mencapai hasil belajar IPS, terutama pada siswa yang minat IPS. date: 2013-05-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Sahra, Sahra (2013) Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SMPN 1 Unter Iwes Sumbawa. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/30534/1/tesis-sahra-11705251016.swf