relation: http://eprints.uny.ac.id/30531/ title: Pengaruh Teknik Pre-Reading Plan dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan creator: Nurwulandari, Lutfinita subject: Pendidikan IPS description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pre-reading plan dan minat belajar IPS terhadap kepedulian sosial siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan, sebagai kelas eksperimen, dan SMP Muhammadiyah 17 Prambanan Klaten sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah kelas VIII yang ditentukan dengan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk menjaring data kepedulian sosial dan minat belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan Anava faktorial 2x2 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Kepedulian sosial siswa yang belajar menggunakan teknik pre-reading plan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan teknik konvensional (F test=7.850E3; α = 0,001). 2) Siswa yang belajar dengan pre-reading plan dengan minat belajar IPS tinggi , memiliki kepedulian sosial lebih tinggi daripada siswa dengan minat belajar IPS rendah (1.2900E2 > 1.2080E2). 3) Pada siswa dengan minat belajar tinggi yang belajar dengan pre-reading plan memiliki kepedulian sosial lebih tinggi daripada siswa dengan teknik konvensional (1.2900E2 > 1.2388E2). 4) Pada siswa dengan minat belajar rendah yang belajar dengan pre-reading plan memiliki kepedulian sosial lebih rendah daripada siswa dengan teknik konvensional (1.2080E2 > 1.2200E2). 5) Tidak terdapat interaksi pengaruh penggunaan teknik pembelajaran dan minat belajar IPS terhadap kepedulian sosial siswa (F test = 2.199; Sig 0,150). date: 2013-10-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/30531/1/tesis-lutfinita-nurwulandari-11705251014.swf identifier: Nurwulandari, Lutfinita (2013) Pengaruh Teknik Pre-Reading Plan dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. S2 thesis, UNY.