%0 Thesis %9 S1 %A Anggraeni, Yuli %A Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:30517 %I Fakultas Ekonomi %K Media Pembelajaran Akuntansi, Pocket Book, Motivasi Belajar, Praktik Akuntansi Manual (PAM). %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK POCKET BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI MANUAL (PAM) KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/30517/ %X Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk Pocket Book mata pelajaran Praktik Akuntansi Manual (PAM) bagi siswa kelas XI SMK, (2) mengetahui kelayakan Pocket Book yang dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan penilaian dari Ahli, (3) meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Pocket Book. Penelitian Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap Analysis merupakan analisis terhadap kebutuhan dari peserta didik. Tahap Design merupakan pembuatan rancangan media Pocket Book. Tahap Development merupakan penilaian kelayakan dari para Ahli yaitu: Ahli Materi, Ahli Media, dan Guru SMK YPKK 1 Sleman. Tahap Implementation merupakan penilaian kelayakan media oleh siswa yang berjumlah 31 siswa dan tahap Evaluation merupakan pengukuruan ketercapaian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan 5 tahap pembuatan Pocket Book yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tingkat kelayakan media Pocket Book sebagai berikut: 1) Ahli Materi memberikan ratarata skor 4,4 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media memberikan rata-rata skor 4,13 yang termasuk kategori Layak, 3) Guru SMK memberikan rata-rata skor 3,78 yang termasuk kategori Layak, Siswa memberikan skor rata-rata 4,24 yang termasuk kategori Sangat Layak. Dengan demikian, Pocket Book PAM ini Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil analisis motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media diperoleh peningkatan sebesar 4,53%, dengan skor sebesar 63,51% menjadi 68,04%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t sebesar -3,719 dengan sig.0,001yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pocket Book dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.