%0 Thesis %9 S2 %A Bau, Qadriathi Dg %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:30512 %I UNY %K prestasi belajar, sekolah menengah atas, analisis regresi %T Faktor-Faktor yang Menentukan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/30512/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di Kabupaten Sleman yang meliputi: (1) pendidikan orang tua, (2) penghasilan orang tua, (3) perhatian orang tua (4) motivasi belajar siswa, dan (5) kemampuan mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat non eksperimental dengan metode espos fakto (ex post facto). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman. Teknik cluster sampling digunakan untuk menentukan sekolah dan simple random sampling digunakan untuk penentuan jumlah siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement dan koefisien reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada kategori sangat tinggi 49%, prestasi belajar tinggi 38,46%, prestasi belajar sedang 7,69%, prestasi belajar rendah 4,56%, dan prestasi belajar sangat rendah 0,28%. Hasil analisis regresi linear menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,793 dengan Rsquare 0,452 yang dapat diartikan bahwa sumbangan pendidikan orang tua, penghasilan orang tua, perhatian orang tua, motivasi belajar siswa, dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,2 %. Persamaan garis regresi: Ỹ = 493,726 + 0,915X1 - 0,059X2 - 0,467X3 + 0,133X4 + 0,586X5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sleman adalah pendidikan orang tua, motivasi siswa, dan kemampuan mengajar guru, sedangkan penghasilan dan perhatian orang tua pada penelitian ini tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa.