%D 2013 %I UNY %T Pengembangan Modul Berbasis Dua Domain untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Menanamkan Karakter Siswa SMP %L UNY30463 %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul berbasis dua domain yang layak untuk pembelajaran IPA ditinjau dari segi kelayakan materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan, 2) mengetahui dampak peningkatan keterampilan proses siswa, 3) mengetahui dampak karakter pada siswa. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall melalui tujuh tahap, yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) melakukan uji coba kelompok kecil; (5) revisi terhadap produk hasil uji coba kelompok kecil; (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk berdasarkan hasil uji coba lapangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo ( 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 29 siswa untuk uji coba kelompok besar). Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket respon siswa, angket karakter, lembar observasi keterampilan proses sains dan karakter, jawaban pada modul dan pretest dan postest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil validasi oleh ahli, guru IPA dan teman sejawat menunjukkan bahwa modul IPA berbasis dua domain yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan secara keseluruhan dikategorikan layak, (2) Ada peningkatan keterampilan proses siswa yang dibuktikan dengan hasil uji-t (sig.=0,000;p<0,05) dan hasil observasi keterampilan proses, (3) Hasil observasi karakter menunjukkan adanya peningkatan penanaman karakter siswa. Modul berbasis dua domain yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu adanya peningkatan keterampilan proses sains dan penanaman karakter sehingga menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. %A Fathonah Purwastuti %K modul berbasis dua domains, keterampilan proses sains dan karakter