%T Pendekatan Proses dan Media Foto untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kebumen %I UNY %D 2013 %K media foto, menulis deskripsi %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan meningkatnya keterampilan menulis deskripsi berbahasa Jawa siswa kelas X SMA N 2 Kebumen dengan menggunakan pendekatan proses dan media foto. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) siswa sulit memperoleh ide-ide cemerlang untuk dituangkan dalam tulisan deskripsi, (2) praktik menulis deskripsi masih sangat kurang, (3) media yang dipilih belum disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, (3) pendekatan proses dan media foto deskripsi.belum dimanfaatkan oleh pembelajar terutama dalam menulis, (4) siswa kesulitan dengan topik yang diberikan guru dan (5) siswa kesulitan mengembangkan ide. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, catatan lapangan dan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas demokrasi, validitas proses dan validitas dialogis. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian tindakan ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa dapat menemukan ide lebih cepat, (2) siswa dapat membuat kerangka karangan, (3) siswa dapat mengembangkan kerangka karangan, (4) siswa dapat berpikir sistematis, (5) siswa semakin antusiasnya dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan, (6) siswa paham melakukan proses mengarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Setelah diberi tindakan, yaitu pada siklus pertama, kemampuan menulis siswa cukup meningkat dengan rata-rata skor karangan deskripsi siswa adalah 64,25 dengan skor terendah 53 dan skor tertinggi 77. Sementara itu, setelah diberi tindakan kedua, yaitu pada siklus kedua, kemampuan menulis siswa lebih meningkat dengan rata-rata skor karangan deskripsi adalah 74, 62 dengan skor terendah 60 dan skor tertinggi sebesar 81. Persentase peningkatan dari kemampuan awal ke siklus I 23, 71 %; ke siklus II 30, 43%. %A Rina Tri Indrianingrum %L UNY30458